Rabu, 30 Desember 2009

Perawatan A- Z Si "Mrs.V"

UNTUK PERAWATAN VAGINA TETAP PUNYA DAYA CENGKRAM KUAT DAN VIRGIN GUNAKANLAH PAKET OBAT MENJADI SEPERTI PERAWAN LAGI. Membantu para wanita menjadi "Seperti" perawan kembali. Rapet, Keset, Menggigit dan harum, empot-empot. UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :
HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797
@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendster
binmuhsin_group@yahoo.co.id
===

MEMBICARAKAN organ yang satu ini selalu menimbulkan rasa jengah. Padahal, daerah V atau organ intim perlu perhatian juga. Banyak penyakit dan masalah timbul, akibat ketidaktahuan perempuan tentang cara merawat daerah tersebut. Apa boleh buat, berbagai mitos dan cara salah tentang memperlakukan Mrs.V telanjur beredar di masyarakat awam. Mari kita coba luruskan agar daerah ini tetap bersih, sehat, dan oke.

Sebenarnya, perempuan sangat care terhadap perawatan vagina dan sekitarnya, yang selanjutnya kita sebut sebagai Mrs.V. Salah satu warisan nenek moyang adalah kebiasaan bercebok dengan air rebusan sirih. Untuk perawatan bagian yang lebih dalam pun ada, bahkan perlakuannya sangat istimewa. Orang tua zaman dulu sering menyuruh anak gadisnya merawat daerah itu dengan berbagai cara.

Ita (51), karyawati swasta, mengaku sejak remaja sudah diajari ibunya yang asli Makassar untuk "mengasapi" daerah V sejak menarche (mens pertama). "Bukan sembarang diasap, Itu lo pakai uap yang berasal dari air panas yang sudah dicampur kulit bawang merah," kata Ita.

Model pengasapan tersebut hingga sekarang masih digunakan, dikenal sebagai terapi ratus. Rempah-rempahnya bukan hanya kulit bawang merah, juga berbagai rempah yang diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan dan pemberi efek harum. Yang mengotak-atik perawatan semacam ini, bukan ibu rumah tangga di lingkungan rumah sendiri. Perawatan ratus banyak dikelola salon-salon dan klinik kecantikan modern. Di Kota Bandung misalnya, perawatan ratus dijumpai mulai di salon kecil hingga salon yang biasa dikunjungi kalangan elite.

"Perawatan ini sangat digemari ibu-ibu," kata manajer operasional salon kecantikan Rogers Lingkar Selatan Bandung, Timmy (32). "Bahkan, ada yang sampai kecanduan, seminggu sekali ia pasti datang ke sini untuk perawatan ratus," kata Timmy.

Agar wangi

Ya, kaum ibu zaman sekarang tak perlu repot-repot meracik bahan untuk ratus. Jika ingin melakukannya bisa di rumah. Mereka bisa memanfaatkan jasa salon yang memberikan pelayanan panggilan ke rumah. Berbeda dengan zaman dahulu, ratus kini bukan melalui uap air panas bercampur rempah. Cara praktis yang disajikan pengelola salon adalah dengan membakar bahan ratus instan di atas tungku kecil. Dengan selubung kain atau sarung, kita tinggal duduk di atas bangku berlubang, di atas tungku yang berasap tersebut. Proses ratus tak berlama-lama, cukup 5 hingga 10 menit. Mereka yang tak terbiasa bahkan tak mampu bertahan lebih dari 2 menit, tak tahan dengan uap panas yang keluar dari bara rempah.

Karena, cara praktis ini beberapa pengelola salon bersedia dipanggil ke rumah-rumah. Salah satu salon yang menyediakan jasa panggilan ratus ke rumah klien adalah Rahayu Spa. yang berlokasi di daerah Buahbatu Bandung. Ratus juga masuk ke hotel-hotel melalui salon di lingkungan hotel.

Salah seorang ibu muda yang rajin menggunakan ratus adalah Diah Derwati (36). Ditemui di salah satu salon perawatan, ia baru saja menyelesaikan terapi ratus. "Rasanya segar dan kering. Bukan untuk suami saja, juga buat kesehatan saya sendiri," kata Diah.

Bagi Diah, perawatan organ intim sama penting bagi perawatan wajahnya. "Jika saya melakukan facial sebulan dua kali, maka perawatan bagian intim juga harus sebanyak itu," katanya. Apalagi, ujar Diah, harga perawatan organ intim tidak semahal perawatan wajah atau tubuh bagian lainnya. Harga sekali meratus di bawah Rp 100.000,00.

Menurut Timmy, manfaat ratus sebenarnya lebih dari sekadar pengharum. "Juga bisa menghilangkan keputihan," kata Timmy, yang rajin pula menggunakan terapi ini.

Di salonnya, Timmy sebenarnya menganjurkan penggunaan ratus hanya untuk perempuan yang sudah menikah. Namun, pada kenyataan banyak perempuan lajang, terutama mereka yang tengah bersiap-siap duduk di pelaminan, meminta pelayanan ini.

Bahkan, beberapa paket perawatan kecantikan sebelum menikah (pre-wedding), memasukkan program ratus, sebagai salah satu terapi untuk calon pengantin perempuan.

Umumnya, perempuan meyakini ratus membuat organ intim menjadi wangi dan segar. Konon, saat dan sesudah diratus, lendir keluar dari daerah tersebut. Bahkan, banyak pula yang percaya bahwa hasil penguapan berbagai ramuan tersebut membuat dinding vagina menjadi mengkerut atau dalam istilah Sunda, pered.

V-Spa

Setelah ratus menjamur, muncul lagi salah satu perawatan bagi Mrs.V bernama V-Spa, dengan sistem kegel exercise. Kegel exercise adalah perawatan untuk tujuan penguatan dinding vagina.

"Akibat proses persalinan, otot panggul yang berada di sekitar vagina umumnya mengendur. Agar dinding tetap elastis, perlu latihan untuk itu," kata dr. Trifena, pengelola Rumah Cantik Rafa yang menyediakan fasilitas kegel exercise.

Untuk menguatkan otot di daerah tersebut, dikenal cara manual yaitu menggerakan otot seperti sedang menahan dan mengeluarkan air seni. "Tapi, banyak perempuan tak mengerti cara tersebut. Untuk memandunya itulah digunakan alat, agar mereka mengerti dan bisa mengikuti gerakan tersebut," kata Trifena.

Rabu siang (25/6) Ferina (44) ibu rumah tangga mencoba melakukan terapi tersebut di Rafa. Berbaring telungkup, punggung belakang Ferina diterapi dengan alat kejut berfrekuensi rendah, yang sudah dibaluri oleh krim pijat. Alat kecil ini, berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Terapis menggosok-gosokan alat ini selama 15 menit. Usai itu, ditempelkan tiga buah pad atau bantalan di tulang ekor dan kedua telapak kaki Ferina. Ketiga bantalan ini terhubung dengan alat pemandu latihan kegel. Terapi ini dilakukan hingga 30 menit. Usai terapi, pasien diminta mandi atau sekadar membasahi tubuhnya, dan masuk ke dalam body steam selama 15 menit.

Cara ini, menurut Trifena, selain efektif mengencangkan kembali otot-otot di dinding vagina, juga berfungsi untuk menghilangkan keputihan, lendir, dan bau tidak sedap. Pada proses penguapan seluruh tubuh dengan steam, jika klien mau ia bisa memilih paket steam dengan rempah-rempah. Penambahan rempah-rempah ini diharapkan bisa diserap tubuh, sehingga tubuh juga daerah V mengeluarkan aroma harum.

Kuman baik

Selain ratus dan kegel exercise, dikenal pula istilah gurah dan mencuci vagina. Susan Melinda, ahli kandungan dari Melinda Hospital Bandung, pernah kedatangan pasien yang menanyakan manfaat dari mencuci Mrs.V dengan cara digurah dan sebagainya.

Atas pertanyaan itu, Susan menjawab, "Nggak usahlah. Vagina bisa mencuci sendiri kok."

Walau setengah bergurau, dokter yang cantik ini bermaksud serius. Secara alami daerah vagina menghasilkan kuman bernama doderleins (lactobacillus acidophilus). Kuman ini adalah kuman yang baik penghasil asam laktat, yang berfungsi menjaga keseimbangan ph vagina agar tetap asam.

"Dalam keadaan asam maka kuman jahat, bakteri atau parasit yang datang menyerang akan mati. Jadi, keadaan asam ini berguna bagi kesehatan daerah vagina," kata Susan.

Karena mampu melindungi sendiri, sebenarnya mitos bahwa Mrs.V harus mendapat perlakukan khusus tidak benar. "Perlakukan biasa-biasa saja. Mencuci, ya mencuci sendiri atau bercebok dengan air bersih, " katanya.

Beberapa pembersih yang dijual bebas, banyak mengandung bahan kimia bisa mengubah kondisi asam menjadi basa. "Memasukkan sesuatu ke dalam vagina seperti jamu-jamuan, juga mampu membuat kondisi asam berubah menjadi basa. Karena, umumnya jamu-jamuan mengandung bahan kapur yang berfungsi mengeringkan dan membakar, " ujar Susan mengingatkan.

Kondisi tak asam inilah yang bisa mengundang penyakit. Ketika timbul keputihan yang berwarna kuning atau hijau dan berbau tak sedap, itu adalah alarm tubuh yang menandakan suatu kerusakan, penyakit atau infeksi tengah melanda organ intim perempuan.

Tak perlu harum

Beberapa kebiasaan perempuan melakukan sesuatu terhadap Mrs.V tidak direkomendasikan secara medis oleh Susan. Beberapa perlakuan tersebut adalah memberi pengharum, menaburkan bedak, mencebok dengan air sirih, atau memasukkan jamu-jamuan yang dipercaya bisa membuat pered.

Menyemprotkan atau memberi pengharum ke Mrs.V, juga berisiko mengubah kondisi asam menjadi basa. "Jika ingin harum, semprotkan saja di luar daerah selangkangan," kata Susan menyarankan.

Kebiasaan menaburkan bedak bubuk di sekitar vagina, disinyalir mengundang resiko terkena kanker ovarium (indung telur). Menurut Susan, memang ada laporan tentang terjadinya kanker indung telur oleh benda asing, tetapi belum terbukti. "Walaupun demikian, secara medis saya juga tidak merekomendasikan pemakaian bedak ke vagina. Kalau di sekitar selangkangan, boleh-boleh saja," kata dia.

Mencuci dengan air sirih pun, tidak dianjurkan Susan. Sirih dikenal sebagai antiseptik dengan sifatnya mengeringkan. Ini tentu saja bertentangan dengan pH asam yang harus dipertahankan.

Untuk memperoleh hubungan harmonis suami istri, dengan kesadaran sendiri banyak perempuan percaya bahwa mereka harus merawat Mrs.V agar mengerut. Seorang pasien Susan datang dalam kondisi menyedihkan, dinding vaginanya betul-betul mengerut alias rapat satu sama lain. Pasien tersebut rupanya menggunakan jamu-jamuan yang kemudian membakar dinding vaginanya.

"Dinding vagina itu nyaris sama dengan kondisi dalam mulut kita, sangat sensitif. Sama sekali tak boleh dimasukkan benda asing yang bisa membuatnya terluka atau terbakar," kata Susan sambil menggeleng-gelengkan kepala.

Akibat proses persalinan, otot di bawah panggul sekitar vagina tidak berbentuk bagus laksana kipas lagi, seperti saat perempuan belum melahirkan. Kepala dan tubuh bayi yang menyembul melalui lubang persalinan membuatnya mengendur. Pada kondisi persalinan sulit atau bayi besar, otot tersebut bisa robek atau merenggang saling berjauhan. Jangankan rempah-rempah, obat semutakhir apa pun tak bisa mengembalikan otot tersebut agar bisa berdekatan kembali.

Perlakuan seperti kegel exercise bisa menolong menguatkan jika memang kondisi otot tidak terlalu jauh berubah. "Jika sudah sangat berjauhan seperti itu, hanya operasi vagina (vaginoplasty) yang bisa menolongnya. Harus dibenahi dulu, baru bisa kegel exercise," kata Susan. (Uci Anwar)***

Penulis:http://www.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=20226

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar